SEKILAS TENTANG BORNEO DAYAK EXOTIC

Diposting oleh BORNEO DAYAK EXOTIC Senin, 14 Maret 2011


Proses perkembangan suatu daerah tidak hanya dilihat dari sisi politik, ekonomi, pendidikan tetapi juga dari sisi kebudayaannya, dimana kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami dan menginterprestasikan ungkapan dan pengalamannya serta menjadi landasan terbentuknya prilaku (tingkah laku) masyarakat. Perkembangan perekonomian yang pesat namun tidak diimbangi dengan perkembangan kebudayaan akan menimbulkan ketidakseimbangan dalam proses pembangunan, karena kebudayaan merupakan identitas suatu daerah yang membedakannya dengan daerah lainnya. Ketidakperdulian akan perkembangan kebudayaan, lama kelamaan akan menyebabkan generasi muda tidak mengenal kebudayaan sendiri, sehingga lambat laun akan menghilangkan identitas daerah itu sendiri.
Visit Kalbar merupakan sebuah motivasi buat kami melaksanakan kegiatan ini dimana salah satu alasan melaksanakan kegiatan ini adalah dapat menarik wisatawan nusantara dan mancanegara tertarik untuk berkunjung dan mengenal kebudayaan Kalbar. Dalam kegiatan ini pula sekaligus memperkenalkan, menginformasikan dan mempromosikan event-event budaya yang akan dilaksanakan mendatang dan tempat-tempat wisata yang ada di Kalimantan Barat. Seperti Naik Danggo dan Gawai Dayak.
Borneo Dayak Exotic (BODEX) merupakan sebuah kegiatan yang bergerak dalam bidang Kebudayaan yang dimotori oleh Kaum Muda Borneo Kalimantan Barat yang merasa terpanggil untuk terus melestarikan, mengembangkan serta memperkenalkan  kebudayaan yang telah diwariskan oleh nenek moyang. Kegiatan ini bertemakan INDONESIA THE ORIGIN ASIA. Kegiatan ini bertujuan : untuk memperkenalkan kebudayaan, sebagai sarana untuk terus melestarikan kebudayaan Dayak dan yang ada di Kalimantan Barat. Adapun beberapa jenis materi kegiatan yang ditampilkan adalah :

*      Pameran Lukisan dan Kerajinan Tangan Khas Dayak
Pameran ini menampilkan lukisan-lukisan khas Dayak dan memamerkan beragam jenis kerajinan tangan khas Dayak. Kerajinan tangan khas Dayak terdiri dari barang yang terbuat dari anyaman manic-manik, ukiran kayu, kain tenun yang masih dibuat secara manual. Selain kerajinan tangan kami juga memamerkan beberapa model busana khas Dayak. Disini para pengunjung juga diperbolehkan untuk mencoba dan berfoto  menggunakan busana tersebut. Beberapa kuliner khas Kalbar juga ada dipamerkan. 

*      Olah Raga Tradisional
Beberapa jenis olah raga tradisional khas Dayak adalah Sumpit dan Gasing. Para pengunjung di persilahkan untuk mencoba permainan ini. 

*      Upacara Adat
Salah satu upacara adat khas Dayak yang akan kami tampilkan adalah UPACARA ADAT BABUAR. Upacara adat Dayak Kanayatn ini dilaksanakan setiap tahun biasa dilakukan dibidang pertanian untuk melakukan tolak bala agar terhindar dari segala serangan penyakit tanaman maupun mara bahaya dan dapat pula mengatur perilaku manusia dengan alam. Ritual adat babuar dilaksanakan setelah adanya adat lima  yang diberikan Ne’ Ragama kepada  Singa Matas, Ne’ Taguh dan Ria Sinir paska perdamaian Dayak mengayau tahun 1890

*      Pergelaran Budaya
Beberapa jenis pergelaran budaya yang akan kami tampilkan adalah :
1.      TARI-TARIAN
a.       PANGILA’ ALO
Enggang simbol Suku Dayak layaknya burung merpati yang menyimbolkan kesucian dan keabadian. Burung Enggang merupakan burung langka yang sangat sulit ditemukan di hutan Borneo, ini dikarenakan pengrusakkan hutan Borneo yang terus menerus terjadi serta perburuan liar untuk diambil bulu dan paruhnya. Maka dari itu diangkatlah sebuah tari yang bernama Tari Panggila’ Alo. Tari ini menceritakan tentang kebiasaan kaum muda Dayak yang senang berburu. Salah satu hewan yang biasa mereka buru adalah burung Enggang (Alo). Dimana burung tersebut biasa mereka pelihara dan dijadikan teman bermain mereka. Maka teri ini menceritakan tentang persahabatan manusia dengan burung Enggang. Tari ini diangkat dari gerak tari dan musik Dayak yang sudah dikreasikan.

b.      TARI TANAH PARENEATN
JERITAN BELANTARAKU…
Hamparan hijau hutan belantaraku…
Air yang mengalir bagai membelah bumiku…
Angin bertiup sepoy… diiringi kicau burung…
Kini…
Hijauku hilang berganti merah… Airku kering berganti debu…
Anginpun bertiup kencang… tanpa diiringi kicau burung lagi…
Jika aku boleh berkata…
Air yang mengalir tanpa terbendung… itulah air mataku…
Kobaran api yang membakar hijauku… itulah amarahku…
Jika aku bisa menjerit… Kuhanya ingin katakan…
Jangan sakiti aku… Biarkan anak cucumu…
Bisa terus menikmati keindahanku…
Tari ini menceritakan tentang kekayaan tanah Borneo. Dimana dahulu hutan borneo sangat indah dan subur, namun kini hutan itu mulai hilang. Berdasarkan pengalaman itulah maka terciptalah tari Tanah Pareneatn. Dimana pesan moral yang ingin kami sampaikan adalah sebagai kaum muda kalau bukan kita yang menjaga alam dan seluruh peninggalan nenek moyang kita lalu sipa lagi yang akan menjaganya untuk kemudian kita wariskan kembali ke anak cucu. Tari ini diangkat dari gerak dan musik Dayak yang telah dikreasikan.

c.       TARI JONGGAN
Tari ini biasa ditampilkan pada saat pesta pernikahan atau pesta panen padi. Tari Jonggan termasuk tari hiburan yang mengikat rasa kebersamaan dalam suasana gembira sehingga tercipta rasa saling mencintai. Pada acara ini biasanya lebih digemari oleh kaum muda Dayak, mereka bersukaria bahkan dijadikan ajang pencarian jodoh.

d.      TARI BARAS KUNING
Tari ini merupakan tari untuk menyambut tamu dari jauh atau tamu-tamu yang agung yang  datang pada acara-acara gawai atau adat atau upacara-upacara besar lainnya. Sesuai dengan nama tarian ini, tari baras kuning selain untuk hiburan, juga sebagai tanda keramah-tamahan tuan rumah dan penghormatan kepada tamu-tamu yang datang.

2.      LAGU-LAGU
*      Indona
*      Tanah Pareneatn
*      Kayu Ara
*      Ma’ Inang
*      Male’en
*      Kamang Bapanggel
*      Talinsikng
*      Dayakng Sirea
*      dsb


3.      MUSIK
*      Musik Perkusi
*      Music sape’
*      Etnic Progresif

0 komentar

Posting Komentar

Borneo Dayak Exotic © 2011. Design by :Borneo Dayak Exotic Edited By : BDE